Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-tanda Bahwa Ponsel Anda Sedang Dikendalikan Orang Lain

tanda-tanda ponsel disadap
Sumber gambar : Eraspace.com
Tanda-tanda Bahwa Ponsel Anda Sedang Dikendalikan Orang Lain - Perkembangan gadget yang begitu pesat memunculkan banyak oknum penjahat yang secara terus menerus bekerja untuk menyusup bahkan meretas sistem informasi yang terdapat pada posel seseorang.

Hal ini dilakukan oknum penjahat untuk memantau aktivitas si pemiliki ponsel tersebut, bahkan ada yang mencuri data-data penting termasuk akun yang berhubungan dengan saldo dan tabungan di Bank.

Mungkin kita semua menganggap ponsel kita dalam kondisi aman dan tidak ada kebocoran data. Namun, ada kemungkinan lain yang harus diwaspadai tentang adanya malware yang sedang menyusup.

Malware sendiri merupakan sebuah perangkat lunak semacam aplikasi yang keberadaannya tersembunyi dan tidak tampil pada tampilan menu di layar ponsel.

Malware diciptakan seseorang untuk menyusup secara diam-diam dengan tujuan untuk merusak, atau memantau aktivitas ponsel hingga pada tindakan pencurian data.

Tanda-tanda umum yang Menandakan Ponsel dalam Penyadapan

Keberadaan malware tentu sangat mengancam keamanan data-data kita, karena malware tersebut pasti ada yang mengendalikan dan si pemilik malware bisa dengan mudah mengotak-atik isi ponsel kita.

Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui apasaja tanda-tanda kalau ponsel kita sedang dalam pemantauan seseorang.

1. Umur Baterai Cenderung Lebih Singkat

tanda-tanda ponsel disadap
Sumber gambar : Qoala.app
Sangat logis jika ponsel yang sedang disusupi malware ini akan lebih ceoat menghabiskan daya baterai, karena malware akan terus bekerja di latar belakang mengumpulkan informasi-informasi yang ia inginkan.

Umur baterai dari ponsel seseorang memang akan menurun kualitasnya seiring dengan berjalannya waktu, akan tetapi terasa aneh jika baterai tiba-tiba lebih boros dari biasanya.

Kemungkinan besar perangkat ponsel tersebut memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, lebih parahnya lagi jika terdapat sebuah malware.

Jadi, virus malware akan menguras energi baterai karena ia terus menerus mengumpulkan data dari ponsel dan ia kirimkan ke pihak ketiga.

2. Lemot yang Tak Biasa

Jika anda sedang menjalankan aplikasi dan tiba-tiba mengalami lemot disertai dengan beberapa bagian menu yang tidak berfungsi normal, maka anda patut waspada terhadap keberadaan malware yang sedang bekerja.

Jika sudah dalah kondisi tersebut, anda pasti mengalami kesulitan dalam melakukan multitasking dan pergerakan lain, bahkan kadang anda perlu merestart ponsel agar berjalan normal seperti semula.

3. Munculnya Aplikasi Tak dikenal

tanda-tanda hp disadap
Sumber gambar : Androdot.net
Sebuah ponsel yang baru dibeli biasanya sudah disediakan aplikasi bawaan oleh produsen yang membuatnya, termasuk juga aplikasi produk google seperti drive, gmail, maps dan lain-lain.

Namun, jika tiba-tiba muncul aplikasi yang memang tidak anda install. Maka, anda patut waspada, khawatir aplikasi tersebut adalah malware yang sedang menyusupi ponsel anda.

Aplikasi tersebut bisa saja sedang memantau ponsel anda yang meliputi aktivitas lokasi, pesan, merekam panggilan, medsos, bahkan aplikasi mobile banking dan lain-lain.

Seseorang orang yang sedang mengontrol ponsel anda lewat malware ini bisa saja ia mengendalikan kamera dengan tanda seringnya lampu flash menyala dan berkedip-kedip sendiri.

Ia juga bisa mengakses akun email anda, akun medsos, dan yang lebih parahnya lagi ia bisa saja mengganti sandi pada akun anda tersebut.

4. Munculnya Pesan Pemberitahuan

Ponsel  yang sudah sepenuhnya dikontrol oleh penjahat, tentu penjahat tersebut sudah mengantongi berbagai macam informasi tentang data pribadi anda.

Jika sudah demikian, si penjahat sudah pasti akan melakukan transaksi apa saja yang menguntungkan bagi mereka dengan memakai data pribadi anda.

Maka, secara otomatis ponsel anda akan menerima pesan pemberitahuan tentang transaksi yang sudah si penjahat lakukan. Notifikasi tersebut bisa muncul karena si penjahat menggunakan email atau akun medsos anda untuk melakukan transaksi tersebut.

Demikian ulasan singkat mengenai Tanda-tanda Bahwa Ponsel Anda Sedang Dikendalikan Orang Lain yang menjadi pertanda bahwa sebuah ponsel sudah tersusupi malware sehingga kondisi keamanan ponsel tersebut dalam ancaman. Tentu data-data yang terdapat di dalam ponsel tersebut akan digunakan oleh si pemiliki malware untuk mencari keuntungan. 
Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya kita lebih hati-hati dalam mengakses sebuah web atau menginstall aplikasi.

Posting Komentar untuk "Tanda-tanda Bahwa Ponsel Anda Sedang Dikendalikan Orang Lain"